Jumat, 21 Oktober 2011

inspirasi

Semuanya bermula seperti banyak hal lain, dan kini tidak terasa saya telah menjadi seorang mashasiswa, di sebua perguruan tinggi yang ada di kota Kembang. Awalnya Aku  tidak berniat melanjutkan pendidikan di perguruaan tinggi yang sekarang menjadi tempat Aku menuntut ilmu.  Karena cta-cita saya awalnya ingin melanjutkan pendidikan di salah satu  Universitas  yang ada di kota Aku, dengan mengambil jurusan Sastra, tetapi sewaktu Aku mengikuti test untuk masuk perguruan tinggi dan ternyata bukan jodoh Aku. Soalnya Aku di nyatakan gagal , maka niat untuk melanjutkan keperguruan tinggi yang lain pupus. Disaat Aku lagi hilang semangat untuk kuliah, tiba-tiba  kakak Aku yang saat itu lagi menuntut ilmu di kota Kembang , mengajak Aku untuk kuliah di kotayang sama. Tanpa banyak pertimbangan Aku menyetujui tawaran sang dewa penolong. Pada tanggal 2 juli Aku berangkat meninggalkan kampung halaman Aku, untuk menuntut ilmu.
Setelah tiba di Bandung,  hari berikutnya Aku langsung mendaftar diri ke sekolah tinggi ilmu komunikasi ( STIKOM). Awalnya, aku tidak begitu percaya diri, karena Aku  harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada. Untung Aku bukan orang yang salah kampus, ssoalnya teman-teman di kampus aku pada baik dan Para pendidik juga sangat ramah, itulah yang membuat aku betah dan tidak menyesalai keputusan aku untuk kuliah di Stikom,  bagi orang yang belum pernah ke kampus Aku, tentu dia akan terkecoh  dan mencari-cari kampus , soalnya bangunan kampus aku di satuin dengan Kantor Pos, dan Indomart. Dan bersebelahan dengan kampus USB.
Awal kuliah Aku termasuk mahasiswa salah jurusan, karena sebenarnya  Aku tidak punya niat untuk menjadi seporang jurnalis. Lama-kelaman ternyata Aku betah dengan dunia baru Aku. Semua ini berkat motivasi dari  Papa, beliau selalu berharap  dan mensuport  Aku menjadi seorang jurnalistik, dan pengen melihat aku memakai toga serjana. Tapi sayang papa telah pergi untuk selama-lamanya  pada tanggal  28 April 2011. Walaupun  papa tidak sempat mewujudkan impiannya mendamping Aku di saat Wisuda, tetapi Aku selalu yakin papa melihat Aku dari tempat yang indah. Makasih papa.  Aku akan berusaha demi masa depan dan harapan orang tua Aku.

Rabu, 19 Oktober 2011

KEBUDAYAAN FLORES

BANDUNG,22 JUNI 2011

                            KERAJAAN  DAN    KEBUDAYAAN FLORES
Letak  geografis
 Kepulauan Indonesia terdiri dari berapa  pulau besar, dan beberapa pulau kecil. Salah satu kepulauan kecil itu adalah  kepulauan yang trdapat di NUSA TENGGARA TIMUR(NTT).
Nusa tenggara, terletak di sebelah timur pulau jawa dan Bali, satu Nusa Tenggara Barat dan yang kedua Nusa Tengaraa Timur.  sebutan nusa tenggara itu baru di gunakan pada tahun  1945. sebelum wilayah ini di sebut dengan Sunda kecil.
Nusa  tenggara timur(NTT), yang meliputi  : tiga pulau besar yaitu: Flores, Sumba dan Timor. singkatan dari nama ketiga pulau ini adalah FLOBAMOR. menjadi sebutan khas bagi masyrakat NTT.
DI NTT terdapat sekitar 550-an pulau. Secara geografis , wilaya NTT terletak  di antara:  BB 118,DAN 125,BS 118 AND 125, BT 8 AND 12.

PULAU FLORES
Merupakan pulau vulkanis,  dengan banyak objek wisata yang indah. Salah satunya :  Danau KELIMUTU dengan air yang tiga warna, yang selalu berubah –ubah. Kata Flores dari bangasa Portugis :cabo da flores)yang berarti bunga. julukan ini di berikan oleh para pengelana dari beberapa abad  yang lalu. Nama ini kemudian di pakai secara resmi sejak tahun 1936 oleh gubernur Hindia Belanda  HENDRIK BROUWER. Nama Flores yang sudah hidup  hampIr  empat abad ini sesungguhnya  mencerminkan kekayaan flora yang di kandung pulau ini. khususnya menjulukan keindahan yang terdapat pada pemandangan di dasar laut.  Seperti karang, dan biota laut lainnya.  keindahan ini di perkaya oleh beraneka ragam suku, adat istiadat,  bahasa,  dan budaya yang berbeda. pada suatu lokasi. (pulau)yang kecil !!!
Flores memiliki musim  penghujan yang pendek  dan musim kemerau yang panjang.
Lingkungan masyrakat flores  :
Secara kependudukan  masyrakat flores menunjukan bahwa pulau ini di huni  oleh berbagai kelompok etnik yang hidup dalam komunitas-komunitas yang hampir ekslusif sifatnya. Masing-masing etnis menempati wilayah tertentu lengkap dengan Pranata social budaya, dan Idiologi yang mengikat anggota masyrakatnya secara utuh. (Barlow, 1989; Taum, 1997;). Heterogenetis   penduduk  flores,  terlihat  dalam sejarah asal-usul,  suku bangsa,  bahasa,  filsafat,   dan pandangan dunia.
Di sekeliling pulau flores,   terdapat beberapa,  atau sekitar 100-an pulau kecil, antara lain : pulau Kemodo, (di sebelah barat).  Dan pulau-pulau lomblen, lembata, Pantar,  alor, dll.  Salah satu kabupaten di flores adalah kabupaten ngada,  dengan sebutan akrab “ TANA NGADA”
KABUPATEN ngada terletak di sebelah barat pulau FLORES,kabupaten ini terletak di antara kabupaten Manggarai dan Ende. kabupaten Ngada terdiri dari beberapa kecamatan.

Asal mula suku bangsa flores. 
Menurut koentjaraningrat, penduduk ,   penduduk flores  bukan merupakan satu suku bangsa, dan satu kebudayaan yang sama.  tetapi terbagi dalam delapan kelompok,  atau sub suku bangsa lagi:
ü    Orang mangarai
ü    Orang ruing
ü    Orang ngada
ü    Nage-keo
ü    Lio-ende
ü    Sikka
ü    Dan laratuka( yang terdapat kerajaan Adonara)
di flores juga terdapat kerajaan yang pernah mengalami kejayaan, dan masih ada sampai sekarang . walaupun sekarang sistem kekerajaan itu telah di alihkan oleh kepemerintahan. Ini adalah salah saru kerajaan yang pernah Berjaya di Pulau Flores:
                               Kerajaan Adonara
Posisi Adonara di Kepulauan Nusa Tenggara Timur.
Kerajaan Adonara adalah kerajaan yang terletak di pulau pegunungan berapi yang bernama pulau Adonara di Kepulauan Sunda Kecil. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 1650.
Sejarah
Sejarah lokal Adonara terdokumentasikan dari abad keenam belas, ketika para pedagang dan misionaris Portugis mendirikan pos di dekat Pulau Solor. Pada saat itu Pulau Adonara dan pulau-pulau di sekitarnya dibagi di antara penduduk pesisir yang dikenal sebagai Paji, dan penduduk pegunungan yang disebut Demon. Para Paji mudah menerima Islam, sementara Demon cenderung di bawah pengaruh Portugis. Wilayah Adonara milik Paji mencakup tiga kerajaan,  yaitu Adonara (berpusat di pantai utara pulau), Terong dan Lamahala (di pantai selatan). Bersama dengan dua kerajaan di Pulau Solor, Lohayong dan Lamakera, mereka membentuk sebuah persekutuan yang disebut Watan Lema ("lima pantai"). Watan Lema bekerja sama dengan VOC pada 1613 dan ditegaskan pada 1646. Kerajaan Adonara sendiri sering permusuhan dengan Portugis di Larantuka, Flores, dan tidak selalu taat kepada Belanda.
Pada abad kesembilan belas, penguasa Adonara di utara memperkuat posisinya di Kepulauan Solor; saat itu, ia juga menjadi penguasa bagian timur Flores dan Lembata. Wilayah Demon berdiri di bawah kekuasaan kerajaan Larantuka, yang berada di bawah kekuasaan Portugis sampai tahun 1859, ketika wilayah tersebut diserahkan pada Belanda. Kerajaan Larantuka dan Adonara dihapuskan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1962.


Menurut sejarah lokal, keturunan dari raja-raja Adonara ini adalah termasuk:
v  Eko ... -1688, +(dibunuh oleh orang dari pegunungan) 1688. Saudara dari:
v  Gogok 1702
v  Wuring sebelum 1710-1719. (Putra dari Buli I dan ayah dari Buli II)
v  Buli II 1719-setelah 1756
v  Lakabella Jo 183
v  Begu di bunuh pada 28 julio. Ayah dariPela(ng) 1850-1857. Saudara dari:
v  (Lakabella?) Jo 1857-1868. Saudara dari:
v  Kamba Begu 1868-1893. Ayah dari:
v  Bapa Tuan, Raja sementara pada tahun 1893 selama 6 bulan. Saudara dari:
v  Arkiang Kamba (Arakang) 1893(atau 1894?)- 18 Desember 1930, °c1866
v  Gela (mengambil alih kekuasaan ayahnya Bapa Tuan)
v  Bapa Ama (Bupati dengan gelar Kapitan 1930-1 Desember 1935, ditahan seumur hidup, sebelum 24 April 1936 dan dikirim ke Kupang. Putera dari saudara perempuan Kamba Begu)
v  Raja Nuhung Bapa, 1915, setelah 1950. Putera dari Gela
v  Bapa Nuhur, Bupati 1936/41-1940-an selama pemerintahan Raja Nuhung Bapa
v  Raja Bapa Gela, 1905, +.....
v  Bapa Kaya, Bupati 1940-an - 12 Januari 1954 selama pemerintahan Raja Bapa Gela
v  Mohamad Eke (tidak mengambil gelar Raja 1954-19...., diangkat sebagai asisten selama pemerintahan Bapa Kaya dan juga sebagai Kapitan Adonara, °1929, 1985. cicit dari Raja Jo)
Setelah Indonesia mardeka, maka  kerajaan Adonara dan kerajaan lain bersepakat untuk menjadi bagian dari NKRI.
 Bentuk pemerintahannya pun berubah dari kerajaan menjadi daerah swapraja. Raja Nuhun bapa menjadi Kepala Daerah Swapraja Adonara  pertama. Jika di tengah-tengah pemerintahan sang raja meninggal dunia, maka sebagai penggatinya diangkatlah seorang Wakil Kepala Daerah Swapraja dari keturunan bangsawan.

Pemimpin Kerajaan Adonara bersama dengan raja-raja lainnya yang tergabung di dalam Dewan Raja-Raja ikut berperan penting dalam pembentukan Provinsi NTT di mana sebelumnya wilayah ini termasuk ke dalam Provinsi Sunda Kecil. Pemerintah Indonesia sendiri yang kala itu masih berbentuk Republik Indonesia Serikat (RIS) telah menguatkan berdirinya NTT dengan beberapa perkembangan kebijakan. Terakhir, melalui UU No. 69 Tahun 1958, terbentuklah daerah Swatantra Tingkat II di Nusa Tenggara Timur dengan 12 Kabupaten.
BAHASA
Di flores dikenal dengan multi bahasa,  karena hanya di batas anak sungai saja,  bahasanya sudah berbeda-beda.  dari sejarah bahwa bahasa yang di pakai di flores tergolong bahasa   yang sampai saat ini belum ditemukan  tergolong bahasa mana.
Di Flores   tidak mengunakan  lapisan atau golongan bahasa.  Karena multi bahasa.saat sekarang ini banyak para putra/I  yang tidak mengrti bahsa ibu/bahasa daerah tersebut.
System teknologi
Setiap kebudayaan memiliki unsure pengetahuan teknologi .   keduanya merupakan unsur yang berbeda namun saling terkait satu sama lain. setiap pengetahuan setiap suku bangsa tidak sama sehingga,teknologi yang di kuasai  setiap suku bangsa berbeda. Tinggi rendahnya peradabaan suatu bangsa. Di flores  pengetahuan masih sangat minim, yang mengerti dan lebih tahu banyak tentang teknologi adalah para pelajar,  lebih khusus para pelajar yang menuntut ilmu di luar flores, seperti di pulau jawa, dan lain-lain. Maka dari merekalah yang membuat perubahan- perubahan untuk memajukan pulau Flores.   Bukan berarti pendidika di pulau Flores tdak sesuai standar,  namun  fasilitas dan kebutuhan  teknologi belum merata, .



Contoh  Kasus
Di kota-kota besar( pulau jawa,) pengunaan internet  dapat di askes di mana seja,  tetapi di flores masih sulit hanya di kampus  dan kantor-kantor  tertentu  yang memiliki jaringan internet.
Di tinjau dari sejarah masa lampau, system teknologi yang di miliki orang flores tidak jauh berbeda dengan   kebudayaan suku bangsa lain. Mereka juga mengenal  dan memasuki peradaban- peradaban.
Masyrakat Flores juga mengenal  pola penetapan yang berpindah-pindah itu di buktikan dengan penemuan artefak, seperti alat makan, alat berburu dan lain-lain.
System mata pencarian
System mata pencarian di flores di dominasi oleh pola bercocok tanam  di ladang dan di sawah.ada juga yang menjadi petrnak tetapi itu hanya sebagian orang yang memiliki banyak lahan untuk d jadikan loksi peternakan .
System pertanian dan petenakan di flores pada saat iniu sudah  sangat berkembang pesat.
Sistem pengolahan sawah,  atau bercocok tanam dengan mengunakan irgasi.  Masyrakat flores pada umumnya menyiapkan lahan  dengan mengunakan teknologi seperti traktor, dalam proses pembajakan atau  pengemuran tanah ,  yang dulu mengunakan tenaga ternak, mereka juga sudah mengunakan obat-obat  untuk mengatasi hama dan perkembangan tanaman guna memperoleh hasil yang maksimal;

System masyrakat /organisasi social
Pada masyrakat subsuku bangsa flores, pada masa dulu dan sekarang masih adanya suatu system stratifikasi  social, yang terdiri atas lapisan berdasarkan keturunan  dari klan-klan yang di anggap masih memiliki sifat kesenioritas/keasliaan . perbedaan lapisan iru di lihat dari factor  keturunan  ada yang di sebut keturunan  NINGGRAT DAN RAKYAT JELATA,  para keturunan bangsawan ini biasanya  yang selalu menganggap  diri hebat dan  menganggap orang lain tidak sepandan hanya sampah. yang  secara lahir, perbedaan dan sopan santun pergaulan  dan gaya hidup warga lapisan –lapisan social tidak ada. Namun para bangsawan mempunyai  sifat keaslian  dan hak-hak tertentu  dalam upacara  adat. namun lapisan social, itu hilang ketika munculnya  lapisan social baru, yang terdiri dari :  pegawai , pendeta, dan para putra – putri flores dengan pendidikan yang tinggi.
sistem politik. Mosalaki dan Riabewa adalah Pemimpin tertinggi pada setiap wilayah tanah persekutuan. Secara sosial, politik, dan ritual orang-orang Lio hidup independen dikampung-kampung yang merupakan kelompok kekerabatan dan pusat dari suatu tanah persekutuan. Para Mosalaki dan Riabewa adalah pemimpin dalam bidang politik, sosial dan religius. Peran pemangku adat tersebut mulai teredusir ketika Belanda memperkenalkan pengelompokan wilayah dan sitem kepemimpinan politis kerajaan dan swapraja dengan policy zelfbestuur sesudah menaklukan pemimpin adat Lio pada tahun 1907. Waktu itu, secara politis wilayah Lio dibagi kedalam tujuh wilayah swapraja. Tahun 1917, Belanda membagi wilayah Lio kedalam dua kerajaan, yaitu, kerajaan Tanah Kunu Lima dibagian timur, dan kerajaan Ndona di bagian barat. Dalam perkembangannya, pusat-pusat swapraja dan kerajaan menjadi pusat politik, pendidikan, dan agama katholik. Kedua wilayah kerajaan tersebut diatas, disatukan pada tahun 1924 dengan nama kerajaan Lio. Selain itu kehadiran para misionaris kristen yang di susul dengan pembentukan wilayah-wilayah gerejani juga memperlemah posisi para pemimpin tradisional.

System  politik yang ada di flores belum  dapat di katakana sempurna atau maksimal seperti yang lain, karena system  memiliki dan keegoisan masih tinggi di anut oleh orang Flores. Karena dalam memenangkan atau untuk mencapai suatu tujuan sebagian masyrakat masih mengunakan  taktik yang merugikan pihak lain atau kelompok organiasi lain.
Contoh kasus  : yang terjadi di kabupaten  NAGEKEO,  apabila dalam persaingan politik , pihak yang kalah dalam bersaing tidak dapat menerima kekalahannya, dan mengakui keunggulan pihak lain maka dengan  berbagai cara di gunakan unruk menjatuhkan orang  yang menduduki  jabatan  atau para team suksesnya,  cara yang tidak  dapat di  lacak oleh yang berwajib dan medis adalah racun. Mereka mengunakan racun sebagai senjata balas dendam, oknum-oknum tersebut licik, mereka mengunakan rentangan kurung waktu  yang panjang sehingga proses, penyelidiklan dan medis  di buat bingung. Biasanya yang menjadi kambing hitam dari persaingan politik tersebut adalah para team suksesnya.


System religi
Sebagian penduduk Flores menganut agama  khatolik.  Kristianitas khususnya khatolik, sudah di kenal sejak abad ke-16. tahun 1556 portugis tiba di solor.tahun 1561 uskup malakamenirim empat misonaris  dominikan untuk mendirikan misi permanen di sana. tahun 1566, pastor Antonio De Cruz, membangun sebuah benteng  di solor dengan sebuah semenari di Larantuka.maka sejak itulah kebanyakan orang flores menganut agama katolik.
Meskipun kristianitas sudah di kenal sejak permulaan, kehidupan agama di flores memiliki berbagai kekhasan , bagaimana kehidupan agama di floressebagaimana juga di daerah lain.yang sangat di warnai oleh unsur- unsur cultural.  adanya kepercayaan kepada roh-roh nenek moyang.  dan kepada makluk-makluk halus yang menjaga rumah dan halaman yang menjadi desa(* naga golo), dan menjadi tanah pertanian (naga tana).  Roh halus itu di sebut  ata pelesina (makluk-makluk yang ada di dunia lain)..

Menurut Mitologi, orang flores(Manggarai ),  MORI KARAENG pencipta alam dan ada dongeng –dongeng khusus tentang cara ia menciptakan bumi,  manusia ,  dunia roh,  binatang,  dan tumbuh- tumbuhan.  ada juga dongeng yang menceritakan tentang adanya angin, gempa bumi, petir dan sebaagainya. dalam ilmu antroplogi MORI KARAENG di kenal sebagai Dewa,  pembawa adat atau CULTURAL Hero.  Di flores juga terdapat agama lain  seperti: Islam, Hindu , Budha, protestan, dan kongfuchu.
Kesenian
Salah satu kesenian suku flores yang terkenal adalah kain songke, yaitu kain tenun yang di buat oleh suku manggarai,flores bagian barat.. kain tenun ini sangat berharga.karena kualitasnya yang tidak kalah dengan kain tenun di Indonesia. selain kain songke, ada tarian –tarian daerah yang biasa di pentas pada upacara adat, seperti : tarian tea eku, ja’I,  gawi, dan tandak.


KESIMPULAN
  Kebudayaan flores masih bersifat universal. Karena   banyak sekali , sejarah yang menceritakan tentang kejelasan dan asal suku bangsanya belum  di temukan, inovasi-inovasi yang terjadi di flotes belum menyeluruh.  Hanay daerah – daerah tertentu yang  menerima inovasi, karena  cakupan pulau yang banyak  dan  belum adanya pemerataan pembangunan yang membuat pulau flores selalu di anak tirikan.






menulis.....

Bandung,12 Juli 2011
Menulis itu jendela hati
by :maria Fatima bona
011011029_jurnalistik
Ketika masih duduk di bangku SD, (alias Sekolah Dasar). Aku sangat malas untuk menulis, sehingga Aku sempat di juluki siswi terbodoh di sekolah.  Ayah dan ibu sangat malu dengan keadaan  dan gelar yang Aku sandang.  Aku  tidak pernah malu dengan keadaan Aku  yang membuat orang di sekeliling  resah.   Aku   hanya mau menulis apa bila di suruh guru atau ada tugas yang harus di kerjakan. Namun kebenciaan Aku  terhadap dunia tulis menulis tidak bertahan lama, kerena sewaktu Aku  duduk di bangku  kelas empat , teman-teman kelas pada berlomba-lomba menulis.  Agar tulisan mereka dapat  di muat di majalah anak-anak  di kota-ku. Awalnya Aku biasa seja tidak ada niat sama sekali untuk mengikuti  jejak teman –teman apalagi bersaing sama  mereka untuk dapat menjadi bintang majalah.  tetapi lambat laun tanpa sepengetahuan mereka, Aku mencoba menulis secara diam-diam.hal pertama yang Aku tulis kala itu adalah tentang cita-cita Aku. karena Aku tergolang anak yang pemalu, jadi  Aku tidak berminat mempublikasikan tulisan Aku di majalah anak-anak yang sangat terkenal yang berjudul PELITA HATI. Aku tahu kalau sebetulnya teman –teman Aku menulis itu hanya ingin popular namanya. Bisa menjadi bintang idola saat itu. Dan  mendapat banyak sahabat pena dari kota lain.
Hal yang  tidak pernah Aku lupa dalam memori  adalah menjelang liburan panjang kenaikan kelas lima. Aku dan teman –teman sekelas di suruh piknik bersama ke pantai dan mendeskripsikan suasana pantai, dalam bentuk karangan. Aku bingung apa yan mau di tulis, suasana pantai biasa-biasa seja menurut Aku, tidak ada yang istimewa. Dan kami  di beri waktu dua jam untuk mencari ide. Teman-teman Aku yang suka menulis di majalah PELITA HATI  kelihatan semangat dalam menyelesaikan tugas. Sedangkan Aku terpaku dalam kebingungan. Walaupun Aku juga sudah mulai coba menulis,tetapi Aku bingung untuk menentukan tema yang cocok. Apa lagi kata guru-ku, harus mengarang. Pengertiaan tentang mengarang masih dangkal yang Aku peroleh. Jadi Aku bingung, mau bertanya tetapi malu.
Sudah sejam Aku habiskan buat memikirkan judul yang cocok buat tulisan Aku, tetapi karena Aku jarang menulis  pebendaharaan kata Aku  minim dapat di katakana sangat sedikit. Dan akhirnya, Aku putuskan untuk menulis judul tulisan Aku dengan BINGUNG. Untuk mewakili suasana hati Aku.
BINGUNG, Aku sekarang lagi di pantai bersama teman-teman sekelas juga  guruku pak Tio namanya, awalnya Aku senang banget sewaktu diberitahu bertemasya ke pantai bersama teman sekelas. Aku pikir hanya bertemasya seperti yang di lAkukan oleh ayah dan ibu. Ternyata berbeda kami bukan hanya bersenang-senang main ombak, malahan  di kasih tugas oleh  pak Tio. di suruh mengarang tentang pantai. Aku bingung mau mengarang  apa. bagaimana bisa mengarang, kata mengarang sendiri Aku tidak mengerti. keadaan disekeliling Aku semuanya nyata tidak dapat di rekayasa, kenapa di suruh mengarang lagi oleh pak Tio.  ih kayaknya pak Tio kurang kerjaan. Masa ke pantai bukan buat senang—senang malahan belajar, Aku bingung lagi apakah pak Tio sudah bosan dengan suasana kelas atau bagaimana. Jangan –jangan pak Tio mau merubah, hahaha… ajaib . pak Tio, Aku harap setelah bapak membaca tulisan ini , bapak tidak jadi  merombak pantai jadi kelas, kasian mau di buang kemana air lautyang sebanyak ini.  bagaiman keadaan ikan- ikan,,,??? Kalau bapak keras kepala ya sudah mendingan bapak seja yang di  ubah. Tentu bapak tidak sukakan? Makanya Aku tidak kasih tips-tips buat bapak. dan karena kali ini acara pikniknya aneh beda dengan acara piknik keluarga Aku. Tidak ada yang menyenangkan,,,suasana pantai yang sepi, hanya gemuruh ombak membuat Aku teringat,ayah dan ibu . tentu ibu lagi di dapur sekarang menanak nasi dan ayah lagi di terbaring di rumah sakit. kalau ada ayah tentu suasana piknik ini sangat indah. dan Aku… kecipungan seperti demburan ombak yang tak pasti uhw bingung…Aku ingin sekali pulang dengan mengayuh sepeda pemberiaan ayah, ke rumah sakit. akan Aku katakana, ayah pantainya masih indah,,, ayah cepat sembuh ya. nanri kita ke pantai lagi bareng ibu. I miss ayah.
Setelah Aku selesai menulis ternyata nama Aku yang di sebut oleh pak Tio untuk membaca karya tulis di depan teman-teman. Aku  dengan santai maju kedepan. Lalu dengan suara lantang Aku membaca hasil karya Aku. Setelah Aku selesai membaca,  teman-teman  pada tertawa, mereka menertawakan tulisan Aku.  Aku heran kenapa di tertawaiin, Aku bertanya-tanya dalam hati.
Dan setelah semuanya membaca hasil karya masing –masing. Maka pak Tio menghampiri Aku, “ayah kamu sakit? tanya pak Tio. Dengan santai, Aku katakan “ tidak pak, kata bapak mengarang jadi Aku mengarang seja. ayah Aku tidak sakit, beliau lagi di luar kota, mengurus bisnis.” Kali ini pak Tio guru ku yang pemarah itu tertawa, terbahak-bahak. setelah itu saatnya membacakan hasil karya terbaik. Aku tidak pernah berharap kalau hasil karya Aku masuk nominasi. Karena sangat beda denga hasil karya anak-anak lain. Tiba-tiba pak Tio menyebut nama Aku, kalau untuk kali ini karya tulis Aku yang paling menarik. Aku sendiri bingung.  Kata pak Tio, “kamu punya bakat yang lebih dari teman-teman kamu , sayangnya tidak pernah di kembangkan karena kamu pemalu. Daya imajinasi kamu sangat bagus”.

Baru pertama kali guru Aku yang galak ini memuji. Rasanya Aku tidak mau melewati hari istimewa ini. Senyum terindah yang Aku miliki selalu tersunging di bibirku. Mulai hari itu Aku, berniat untuk menulis. Banyak tulisan Aku seperti puisi dan cerpen nilai bahasa Indonesia Aku yang dulunya selalu pas standar bisa di bilang sangat buruk, kini berubah drastis. Menjadi orang nomor satu dikelas.tiap hari buku deary selalu Aku isi dengan semua  kejadiaan. Seperti sekarang ini. Update status. Dimana Aku lagi senang , lagi sedih selalu. Aku curhat ke ponpon sebutan  buat dearyku.
 Akhirya Aku selalu menulis apa yang  di pikirkan, maka ketika Aku duduk di bangku SMA , Aku memilih jurusan bahasa. Sangat menyenangkan tiap hari Aku bebas menulis apa yang Aku mau, Aku tidak lagi terbebani dengan dunia  matematis. karena Aku, suka  berimajinasi, maka semua karya Aku berupa cerita fiktif semua. Tetapi Aku sangat puas walaupun hasil karya Aku belum terekspos public seperti teman-teman kecil Aku, namun Aku tetap bangga karena Aku telah terbebas dari rasa benci kalau menulis itu adalah beban.
Dengan menulis Aku dapat mengekspresikan perasaan Aku, tentang kisah hidup, cinta ,benci dan semua rasa yang pernah Aku alami . dengan menulis juga  dapat mengobati stres. Apabila kita akan menulis pertama harus pikirkan hal- hal yang ringan seja, misalnya kita menulis tentang tokoh idola kita atau hal lain yang membuat kita tidak merasa kehabisan kata-kata. kita dapat menulis sesuatu yang menarik yang kita dapat di internet atau media yang lain yang menarik untuk di jadikan bahan tulisan kita. maka dengan sering melakukan hal-hal seperti itu, lambat laun kita dapat menulis hal-hal yang lain, kita harus mampunyai komitmen kalau menulis itu tidak sulit, seperti berbicara, hanya beda alurnya seja.
Agar  tulisan yang sedang kita tulis tidak hanya seputar itu-itu seja, kita harus banyak membaca. Dengan  kemampuan membaca yang di miliki akan menambah wawasan kita semakin luas. maka sebaiknya kita juga terbiasa untuk mengkomsumsi buku-buku selain buku pelajaran. Dengan sering membaca ,otak  kita yang beku akan menjadi  encer. sehingga tulisan kita menarik dan enak di baca. Selain banyak membaca, kita juga harus sering syhering dengan orang-orang yang pengetahuannya lebih  luas dari kita mungkin seja pendapat dari mereka dapat memberi  inspirasi untuk tulisan kita. karena sebuah tulisan itu akan di baca oleh orang kalau isinya dapat mengispirasi orang tersebut.
Untuk penulis pemula seperti kita , apabila akan menulis sebaiknya kita menulis hal-hal yang kita inginkan, seperti  menceritakan perasaan dikala kita lagi jatuh cinta, ada masalah, dan lain-lain yang sedang kita alami maka memudahkan kita untuk menulis. Jangan memaksakan diri apabila kita bingung dengan topik yang akan kita tulis, karena hal itu akan menghambat  kegiatan kita. Seringkali seseorang yang awalnya telah memiliki niat untuk menulis, karena satu dan lain hal akan membuatnya berubah. Seperti, ketika kita mempunyai ide-ide yang bagus, tetapi ketika mau menuangkan  timbulah kebingungan.inilah salah satu yang menjadi penghamat seseorang untuk menulis.
Dengan  banyak menulis kita dapat menfaat yang sangat besar, salah satunya kita dapat meningkatkan kemampuan kita, apapun kemampua itu tergantung dengan apa yang sedang kita tulis. karena menulis juga secara tidak langsung dapat mengasah otak kita, sehingga semakin tajam cara kita berpikir dengan begitu secara otomatis, aku semakin bertambah kemampuaan kita.
Maka kita harus menanamkan nilai motivasi yang kuat, semangat. Maka teruslah menulis dan menulis…karena ide-ide yang cemerlang  akan datang dengan sendirinya.  Dan jangan putus asa, tetaplah  yakin dan optimis. karena rasa yakin akan datang  bila kita  telah mampu menghilangkan keraguaan yang ada pada diri. dengan kemampuaan menulis yang kita miliki dapat berbuat banyak, untuk pribadi maupun orang banyak. Karena MENULIS ADALAH JENDELA HATI.
BIODATA
nama aku, maria Fatima bona.(fath)  aku lahir pada 16 pebruari 1992 aku berasal dari flores- NTT, aku adalah mahasiswi  Stikom Bandung angkatan 2010 jurusan Jurnalistik . Kini aku sudah semester 11. Kuliah komunikasi sangat menyenangkan, sehingga aku tidak menyesal kuliah di Stikom Bandung. Menulis  adalah jendela hati ini merupakan artikel aku yang dapat mewakili perasaan aku di saat sedang menulis… menulis itu sangat menyenangkan , coba deh kalau pada ngga percaya. Apalagi anak komunikasi harus pada rajin menulis donk,,,tetapi jangan menjiblak tulisan orang yah, hehehe. itu tidak baik, karena sampai kapan pun kita tetap hidupo di balik bayangan orang lain, ststst,,makanya biasakan diri dengan menulis itu sangat baik untuk menambah dan mengasah kemampuaan otak kita,janan pernah pesimis saat menulis karena akan menganggu kelancaran tulisan kita. Menulis dan menulis … ingat ya…!!!


Senin, 17 Oktober 2011

                       Sandera politik di Indonesia  Kabinet Indonesia bersatu 11(KIB 11)
         Saat ini Negara Indonesia, bangunan kekuasaan Yudhayono-Budiono  di ramalkan hampir runtuh. karena bangunan kekuasaan keduanaya di landasi oleh pondasi  politik , dari sekelompok  politikus , sehingga cabinet yang di bentuk nya gagal. Walaupun sekarang Yudhoyono,berusaha sekuat tenaga untuk melakukan pembenahan dan perombakan .
         Tetapi apakah Yudhayono sanggup dan yakin kalau kabinet yang di rombaknya itu akan mejadi lebih baik,dan bisa kembali mengimbangi kekuasannya pada periode yang pertama? namun kekuasan yang kurang bermodalkan politik ,walaupun di rombak beribukali hasilnya tetap sama, tidak akan mengubah keadaan untuk yang lebih baik.
         Sekarang ini meskipun mitra kerja Yudhoyono-Budiono, ada baik sesuai dengan RUU, tetapi pada umumnya sangat mengecewakan rakyat.  Perombahan demi perombahan di lakukan yudhoyono,untuk mencapai  yang lebih baik,  dalam menghabiskan masa jabatannya yang di tekan dari berbagai pihak.
        Sejak KIB 11, bergulir pada tahun 2009,  telah di prediksi laju pemerintahan yudhoyono, tidak akan lebih baik, dari yang sebelumnya. walaupun dalam pemilihan yudhoyono-budiono,  menang  mutlak dari  pasangan presiden dan warpes yang lain.
          Saat ini, segala pergolakan politik yang ada baik politk universal atau politik nonuniversal, yudhoyono selalu menjadi actor yang di kambing hitamkan oleh pihak –pihak tertentu, karena telah gagal menjalankan KIB11 ini.
          Di telusuri dari  segi yang berbeda semua kekacauan politik di Negara ini, disebabakan oleh investor politik  dari pihak –pihak yang sengaja ingin menghancur  masa pemerintah Yudhoyono. Semuanya ini terjadi  karena  masalah demi masalah yang selalu menyerang yudhoyono. lebih ironis lagi  masalah yang silih berganti datang itu, tumbuh dari dalam diri partai yang di bentuknya, Demokrat. Sehingga membuat Yudhoyono, terperangkap  sendiri  dalam permainan politik partainya.
          Hal ini tidak akan menjamin Yudhoyono untuk berkualisi lagi tahun 2014  mendatang, karena masyrakat luas sudah kehilangan respek selama masa pemerintahnya , yang menimbulkan banyak kekacauan dan masalah sehingga  politik di Negara ini  seperti kapal  yang kehlangan Nakoda.
                                                                                                                                   Fath selasih

Jumat, 14 Oktober 2011

AKU ADALAH AKU

fath ..itu nama panggilan aku.sekarang aku kuliah di kampus STIKOM BANDUNG, angkatan 2010. jurusan jurnalistik. hobby aku, membaca dan menonton. kalau tanpa membaca hidup  aku serasa tak berwarna.
berpikir kreatif adalah salah satu mata kuliah  yang menginspirasi aku untuk lebih mengerti dan tidak berpikir sempit tentang kehidupan yang ada.  maka tidak nyesal dan sangat rugi buat teman -teman yang tidak sempat atau tidak  pernah mengikuti mata kuliah.yang dapat kembali menyakinkan kita.tentang kemampuan yang kita miliki .mata kuliah ini sangat membantu aku untuk melangkah kedepan dan mengarungi dunia aku yang mungkin tidak dapat di mengerti oleh orang lain.